SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Minggu, 19 Mei 2013

CONTOH KASUS - KASUS PENIPUAN ONLINE

Korban : Muhamad Fikri Ma’ruf
Data penipu :
.rnstore95 akun jual beli pada forum FJB kaskus
link-nya : http://www.kaskus.co.id/profile/5190877 
No.Hp 089601693522 & 08561215925 (keduanya jadi tidak aktif setelah uang ditransfer)
saat itu saya transfer uang sejumlah 488.000 untuk membeli produk celana chino merk zara pada tanggal 17/04/2013 dan sampai saat ini belum ada kabar nomor resi dan pengiriman barangnya. begitu saya konfirmasi lagi nomor sudah tidak aktif.


Korban : Bunga Kusuma
 Data Penipu :
Nama olshop : girlyshoppe (twitter)
Link : https://twitter.com/girlyshoppe
Nama onwer : athifanay (twitter) 
Link : https://twitter.com/athifanay
No hp : 081315238257
Cara menipu : menjual Boneka lotso dengan harga murah sekali, ongkir jabodetabek + Bandung gratis, beli banyak harga lebih murah sekali ngalahin olshop lain, menjelek"an olshop lain dengan cara bilang klo olshop lain penipu, padahal olshop itu yg penipu.
Saya sudah trnfr sebesar 1,4jt melalui bank bii (rekening saya) ke mandiri (rekening penipu)
No rekening penipu : 9000016034705 a/n Henni D A.


Korban : ERIKA
Data Penipu : Oniline Shop Rina Novel
Sabtu, 9 Maret 2013
Saya iseng nyari penjual novel di Facebook, sebenarnya ada toko online di Facebook yang udah punya banyak pelanggan, harga murah, dan pastinya terpercaya. Tapi saya pengin nyari yang lain, itung-itung bagi-bagi rejekilah sama pedagang lain.
Saya lalu tiba di sebuah nama akun Rina Novel yang ternyata menjual banyak novel. Saya teliti akunnya, kayaknya masih sangat baru, pelanggan belum banyak (atau belum ada), tapi udah cukup banyak orang yang tanya-tanya dan pesan novel ke akun ini.
Karena tertarik, saya akhirnya nengokin juga dagangan-dagangan dia. Lalu saya tertuju pada status dia yang promo soal paket borongan 20 novel dengan harga 250 ribu. Murah bangeeeet, kaaaan? Saya intip apa aja judul-judulnya, ternyata ada judul-judul novel yang memang saya incar.
Akhirnya saya beranikan diri untuk komen di status dia, dan di belas setelai kemudian saya beli beberapa novel yg saya minta dan ternyata pas di kirim barangnya engga sesuai, novel-novel yang ga jelas.setelah saya konfirmasi lagi nomernya tidak bisa di hubungi.






Ciri Ciri Penipuan Online
Berikut beberapa ciri penipuan online yang sangat umum:

1.      Harga yang sangat murah bahkan lebih miring dari pasaran, penipu online menjerat calon mangsa dengan memberikan harga yang sangat fantastis terutama untuk barang2 elektronik yang mahal seperti laptop, kamera, atau smartphone. Mereka meyakinkan pembeli bahwa barang ini asli bukan seken (bekas), dan bila ditanya mengapa sangat murah jawaban yang sering karena barang BM.

2.      Informasi yang diberikan tidak jelas, penipu online sangat minim sekali berinteraksi. Informasi yang diberikan sangat tidak jelas dan detil, bila kita tanya via sms dia akan jawab sepatah2 dan tidak jelas, bila itu di facebook biasanya komennya dimatikan atau bahkan tidak dijawab, kalo dijawab pun komennya sepatah2. Hal ini disebabkan si penipu tidak mengenal detil barang yang ditipunya, beda halnya dengan penjual asli pasti tahu apa saja fungsi bahkan kelebihan barang yang dijualnya.

3.      Jarang ada negosiasi, penipu online sangat minim sekali negosiasi bahkan dia dengan mudah melepas barang yang dijualnya berapapun harganya. Berbeda hal nya dengan penjual asli, dia akan berusaha menahan harga supaya tidak jatuh jauh saat dilakukan penawaran harga oleh calon pembeli.

4.      Nama penjual yang meyakinkan, penipu online akan mencantumkan namanya dengan kesan yang meyakinkan dengan menambah kata Bapak atau gelar misalnya Bapak Drs H. Anu, atau Drs. Anuhardi.

5.      Nama penjual dan rekeningnya beda baik alamat dan nama, bila sudah mencapai kata sepakat penipu ini akan memberikan rekening yang tidak sama dengan namanya bahkan kotanya juga beda misal di website tertera kota Malang tetapi di rekeningnya kota Kendari. Bila ditanya, penipu akan memberikan jawaban yg meyakinkan misalnya “itu rekening bendahara saya” atau “oh itu rekening sy waktu di kota itu”.



Berikut merupakan tips & trik untuk menghindari penipuan online tersebut:

1. Reputasi adalah yg paling utama. Carilah online shop yang sudah memiliki reputasi. Walau reputasi tidak pernah menjamin mereka tidak akan menipu. Tetapi biasanya, penjual yang memiliki reputasi baik sudah memiliki banyak testimonial dari konsumen yang pernah membeli barang darinya. Terkadang mereka berpikir kesekian kalinya untuk menipu.

2. Bertanya kepada buyer lainnya. Bila ada perasaaan curiga, coba lihat testimonial penjual. Pilih 3-5 orang secara acak untuk anda hubungi. Caranya mudah, kalau kamu belanja di facebook, gunakan fasilitas Message/inbox. Jika kamu belanja di forum, gunakan fasilitas private message. Tanyakan tentang penjual tersebut, bagaimana pengiriman barang, bagaimana dengan respon penjual ketika kita menanyakan sesuatu.

3. Curiga pada harga barang yang super murah. Misalnya, iPhone 4 yang seharusnya berharga 6,5 s/d 7 juta dijual dengan harga 3,5 juta. Wow.. siapa yang tidak tergiur dengan angka tersebut? Dan ketika anda sudah tergiur dengan angka tersebut, mata anda buta, hati anda ikutan buta. Harga murah bisa saja, tapi kalau anda menemukan harga murah seperti contoh diatas, dan anda percaya, ada dua kemungkinan, barang datang atau uang anda hilang. Logikanya, perbedaan barang BM dan bukan BM relatif murah biasanya antara 500rb – 700rb. Lebih dari selisih harga tersebut kamu patut waspada. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membandingkan harga dengan toko online lainnya.

4. Cash On Delivery (COD). Penjual yang jujur adalah penjual yang memberikan salah satu opsi ini kepada buyernya. Beberapa penjual hanya mau COD di wilayah yang dekat dengan rumah/tokonya. Anda sebagai pembeli, jika menginginkan rasa aman, berkobanlah sedikit. Datangi tempat dimana penjual bisa melakukan COD. Kalau anda membeli barang original, penjual tidak akan keberatan melakukan COD kok. Kecuali anda membeli barang BM penjual akan takut COD, takut ketangkep.

5. Bila berhalangan tidak bisa COD. Ada sebuah layanan yang bernama: Perantara COD. Artinya, kamu mengirimkan sejumlah uang ke perantara COD, lalu sang perantara akan melakukan COD dengan penjual, melakukan pengecekan barang, dan kemudian mengirimkan via JNE/TIKI/dsb kepada kamu. Dana anda dijamin aman, barang anda dijamin sesuai dengan harapan. Bisa juga meminta bantuan saudara atau teman baik untuk menjadi perantara COD tersebut.

6. Jangan pernah tergiur membeli barang murah dan mengharapkan kualitas yang bagus. Perbedaan antara membeli barang online dengan membeli offline, terkadang hanya 50rb rupiah. Jika hanya berbeda sekian rupiah, kenapa harus membeli online ? Tinggal bagaimana sisi kreatif anda muncul untuk mencari harga yang murah, berkualitas, dan penjual yang bersahabat.









































1 komentar:


  1. BCA a.n Maghfira Mutiara Rosa 6010184078 
    no. Hp : +6285946722734 
    Instagram : @mmutiararh 
    Nama instagram yang saya transaksi untuk membeli custom tee : @pearloveable tapi sekarang dia sudah menjual akun tersebut ke orang lain. 
    Dia juga memiliki akun instagram lain yang menjual iphone 2nd dengan nama @suppiphone2nd juga akun instagram yang menjual obat MOMENT tapi saya kurang tau dengan akun instagram itu tapi pin bbmnya 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut dengan id line kalo tidak salah @HSG1173U lalu saya meminta refund dengannya di id line : mmutiararh dan pin bbm 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut senilai 910rb jumlah tersebut menurut saya sangat besar. 
    Kalian hati hati saja karena sudah banyak yang jadi korban MAGHFIRA MUTIARA ROSA HENDANA dia juga memiliki akun facebook dengan nama aslinya Maghfira Mutiara RH dan Maghfira mutiara yang menjual custom tee juga. Korban dia rata rata paidpromote orang sudah bayar tapi dia tidak mempromosikan tetapi saya korban membeli barang. Setelah saya telusuri, ternyata pacarnya juga seorang penipu.

    BalasHapus